Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik

 

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik

Pada modul ini akan dibahas mengenai cara melakukan setting layanan DHCP Server pada mikrotik, DHCP itu sendiri merupakan kependekan dari Dynamic Host Configuration Protocol, yang dimana mikrotik memungkinkan untuk bisa memberikan ip address terhadap client nya secara otomatis. syarat untuk mengikuti modul ini adalah sudah membuat perancangan dan juga sudah setting ip address pada interface ether2

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik

Siapkan terlebih dahulu pool address nya agar tidak kebingungan pada saat nanti konfiguration protocol, misal network yang akan digunakan sesuai dengan modul pertama adalah 10.10.10.16/28, maka ip address yang bisa kita gunakan adalah 10.10.10.17 - 10.10.10.30, masih bingung ? silahkan klik disini untuk dipelajari kembali cara menghitungnya. ip diatas sudah bisa disebut pool, akan tetapi belum sempurna karna ada satu ip address yang dijadikan sebagai gateway atau ip yang sudah dipakai oleh ether2 yaitu 10.10.10.17, jadi kalo mau kita maksimalkan pool address nya adalah

Address Pool: 10.10.10.18 - 10.10.10.30

Langkah yang pertama silahkan buka winbox nya terlebih dahulu,

1. Klik IP - DHCP Server
Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik

 Setelah itu akan keluar jendela baru dengan judul DHCP Server

2. Klik DHCP Setup

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik

Setelah klik DHCP Setup, maka akan keluar jendela baru silahkan pilih interface mana yang akan dijadikan sebagai jalan untuk layanan DHCP nya, pada modul ini sesuai dengan modul perancangan adalah dari ether2, maka diatas pilih ether2 dan klik next.

3. Isikan Network Pada DHCP Address Space

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik
Pada tahapan ini wajib diperhatikan, karena kalo disini salah akan berdampak pada keluar segmen dari ip address yang telah dirancang, silahkan ganti isi nya dengan NETWORK, Bila belum sama dengan network, ingat ya ini adalah NETWORK, wajib sama dengan network yang sudah dirancang dan network pada ip ether2, selanjutnya klik next.

4. Isikan Ip yang dijadikan sebagai Gateway

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik
Silahkan masukan ip gateway, tidak perlu bingung, ip gateway adalah ip yang kita berikan pada interface yang akan dijadikan sebagai jalan keluar untuk DHCP Server, pada modul ini interfacenya adalah ether2, maka ip nya yang sudah saya buat pada modul sebelum nya adalah 10.10.10.17, jika masih bingung silahkan buka modul setting ip address pada mikrotik.

5. Isikan range Ip Address yang akan diberikan

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik
Disini saya akan maximalkan ip address yang akan dibagikan kepada client nantinya, sesuai dengan pool diatas, 10.10.10.18 - 10.10.10.30 yang artinya komputer maximal yang terhubung yang akan mendapatkan ip address adalah sebanyak 13 Komputer. jika ingin dipersempit jadi jika ada 15 komputer terhubung dalam jaringan ini, tersisa 2 komputer yang tidak akan mendapatkan ip address, jika ingin dipersempit lagi dhcp nya, misal hanya 5 komputer, bisa diiskan 10.10.10.18 - 10.10.10.22. Kemudian klik Next.

6. Isikan DNS Server

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik
Silahkan isikan DNS server dengan memasukan alamat ip address pada interface ether2 atau interface yang bersangkutan. kemudian klik next.

7. Tentukan Lease Time

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik

Lease time adalah penentuan waktu untuk mikrotik melakukan cek setiap waktu yang ditentukan, misal disini adalah 10 menit, misalkan dalam 10 menit ip yang disewakan ke komputer dan komputer nya sudah tidak aktif maka akan dihapus dari daftar dan nantinya akan diberikan kepada komputer lain yang membutuhkan.

8. Selesai

Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik
Pada tahap ini kalian sudah berhasil melakukan Setting DHCP Server Pada Mikrotik, jika ada gambar yang keluar dari langkah langkah diatas, terutama ada proses pemilihan DHCP Relay, itu kurang tepat, karena pada modul ini DHCP Server diletakan pada mikrotik, dan relay nya otomatis akan diarahkan sendiri kepada mikrotik dengan interface yang sudah ditentukan. 

Untuk melakukan test apakah DHCP nya sudah berjalan dengan lancar atau tidak, itu akan dibahas pada modul berikutnya, tentang cara melakukan setting ip address pada komputer client (Dinamis). 

"SUKSES SELALU"

Posting Komentar untuk "Cara Setting DHCP Server Pada Mikrotik"